Ketika Mahasiswa belajar (apa itu) Moral

Ketika Mahasiswa belajar (apa itu) moral
Ketika Mahasiswa belajar (apa itu) moral

Sebuah baliho besar terpampang rapi disebuah tempelan besar. Tulisan dan gambar yang dibingkai sedemikian rupa sehingga para pejalan kaki serta pengendara kendaraan pun singgah mata dihadapannya. Ditambah lagi dengan corak warna yang memperbagus  memperindah tampilanya.

Tetapi ada nilai-nilai yang terkandung didalamnya. bebrapa slogan untuk menghimbau masyarakat kampous yang berpendidikan, rasional dan aktif dengan jiwa pemudanya. Singkat memang yang disampaikan. Dilarang Merokok Didalam Kampus dan Laboratorium. Kemudian tertulis dibawahnya “ Berpakaian Rapi ”. pesan singkat yang berhubungan dengan MORAL

Sekolah dasar kita pun belajar yang namanya PPKN yang mengajarkan sifat dan  karakter kita sesuai dengan karakter bangsa yang polikultur. Kemudian ditambah lagi dengan pelajaran budaya adat Minangkabau yang mengajarkan nilai moral yang kaya akan adab sopan santun antara sesama, yang tua, yang berumur, yang muda semua lapisan yang ada termasuk dalam strukutr adat minanggabau. Tak anyar.

Jadi mahasiswa sudah pasti beradap. Karena ia melewati itu semua. Pelajaran bagaimana untuk berAdab dan BerMoral. Tetapi tetap saja celah acuh itu muncul setiap saat. Perlu Ingatkan yang pelupa atau sengaja dilupakan oleh orang yang berMoral dan Beradap.

Dimanakah posisi pembaca sekarang..?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s