Sumatra Barat | Potensi Pupuk Organik

Sampah organik
Sampah Organik

Sumatra Barat merupakan salah satu penghasil sayuran di Indonesia. Hampir seluruh jenis sayuran yang di budidayakan indonesia, mampu dihasilkan di Sumatra Barat karena hampir seluruh daratan di Sumatra Barat bisa ditanami berbagai jenis hortikultura (sayuran), Perkebunan ataupun Florikultura (bunga-bungaan).  Hal in merupakan potensi yang luar biasa apabila diolah dengan baik mulai dari pratanam sampai pasca panen. di tambah dengan semakin tingginya minat dari warga lokal ataupun dari luar Sumatra Barat sendiri. tentu hal ini manjadi pendapatan dalam mencapai keadilan dan kesejahteraan masyarakat. tentu kondisi tersebut adalah situasi ideal.

dilain pihak dengan terjadinya peningkatan jumlah pangan yang diminta, ternyata menyisakan tantangan lain seperti halnya sayuran yang tidak laku terjual.  sisa sisa sayuran tersebut hanya terbuang begitu saja. Pasar-pasar tradisional di Sumatra Barat, pada umumnya selalu menyisakan sampah yang berasal dari hasil penjualan, kemudian tidak terjual dan akhirnya dibuang. Jika kita melihat ke belakang bagaimana prosesnya mulai dari awal sampai bisa di panen, membutuhkan waktu serta input (pupuk, pestisida organik) dan manajemen lahan lainnya.

Tentu dengan tantangan tersebut, sampah-sampah organik tersebut dapat di alihkan atau sebagai bahan utama dalam menghasilkan pupuk organik, yang merupakan pengganti pupuk konventional yang dapat merusak tanah secara fisik, biologi dan kimia. Hari ini para petani di indonesia, selalu kekurangan pupuk dan ketergantungan terhadap pupuk yang tersedia di pasaran. hanya sedikit sekali yang mau berimprovisasi dengan mencari alternatif lain seperti pupuk yang berasal dari kotoran ternak, daun-daunan dan lain sebagainya. bayangkan hampir setiap harinya para petani, memasok hasil panennya ke pasar-pasar tradisional, setiap hari gunungan sampah sayur-sayuran yang dikirim ke TPS akhir. Bayangkan jika sampah tersebut diolah kembali menjadi pupuk, akan ada multi manfaat yang bisa diraih.

1. Mengurangi jumlah sampah pada TPS akhir.

2. Penambah stok pupuk dan dapat mengganti pupuk konventional.

3. Memperbaiki kondisi tanah tanpa membahayakan bagi lingkungan serta bermanfaat bagi tanaman.

Pemanfaatan limbah organik di Bali manjadi pupuk organik

Advertisements

5 thoughts on “Sumatra Barat | Potensi Pupuk Organik

  1. Kami di kampung kebetulan ada program dari Kelurahan, dimana setiap rumah tangga disarankan untuk mempunyai semacam peralatan sederhana untuk dapat mengolah sampah organik menjadi pupuk. Bentuknya menyerupai drum tapi ada colokan listriknya… *nggak ngerti juga…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s