Tes Panduan Akademik | Pengertian dan Tips serta Trik

Test Potensi Akademik
Test Potensi Akademik

Test Panduan Akademik (TPA) merupakan sebuah test yang dilakukan untuk mengetahui seberapa tinggi  tingkatan atau potensi seseorang dalam bidang akademik. Biasanya tes ini dilakukan bagi orang yang ingin melanjutkan studi ke jenjang S2 (magister) atau S3 (Doktor). Tetapi pada hari ini, tes ini juga dilakukan pada para pelamar pekerjaan di bidang pemerintahan (PNS) ataupun dalam sebuah lembaga atau instansi luar pemerintah, yang ingin merekrut pekerja.

Pada tes ini dibagi atas 3 macam yaitu

  1. test verbal yang lebih menitikberatkan  kepada hal  hal yang bersifat umum, seperti mengetahui  kesimpulan, ide pokok, rumusan permasalahan dari sebuah paragraph. Soal 70 dan Waktu 20 menit
  2. Test hitungan dan nalar. test ini terdiri atas hitungan dan logika (pola dari sebuah urutan angka). Terdiri dari matematika yang bersifat umum sampai dengan yang mengikutsertakan nalar . Dlm sesi ini, juga mengukur logika dari 2 hal yang berbeda yang terdiri atas angka dan kemudian ditarik kesimpulan dari 2 hal yang berbeda tersebut. Dalam sesi ini, otak kanan yang lebih banyak bekerja. Soal  55 buah dan waktu 70 menit
  3. Test gambar.

Test ini menggunakan gambar gambar yang berpola. Kemudian dipilih jawaban berikutnya sesuai dengan pola tersebut. Bagi orang yang biasa menggunakan otak kiri, hal ini tentu mudah. Soal  50-60 buah waktu 50-60 menit.

 

Tips dan trik mengerjakan soal TPA

T I P S

  1. Sebelum Test
    1. Contoh contoh soal TPA sangat membantu bagi yang ikutan test ini. Bagi yang belum pernah sama sekali hal ini sangat dianjurkan sekali. Sekurang kurangnya kita mengetahui seperti apa bentuk soalnya. Bagi yang pernah mengikuti test ini, tentu tidak ada masalah dengan hal tersebut, tetapi lebih baik untuk sedikit diulang-ulang kembali, agar memiliki keseimbangan dalam potensi otak dan juga masing masing kita memiliki kecendrungan otak kiri atau kanan .
    2. bagi yang lemah dalam otak kanan, sebaiknya lebih sering melatih dengan soal yang angka angkanya lebih banyak  (matematika) dan bagi yang lemah dalam otak kiri, sebaiknya lebih dintensifkan dengan gambar gambar berpola. Latihan tersebut juga akan terasa baik jika kita juga befokus pada latihan keseluruhan untuk mendapatkan nilai terbaik.
    3. Siapkan sehari sebelumnya, berupa alat alat yang butuhkan seperti pensil 2B dan penghapus yang terstandarisasi, dan papan alas ujian.
    4. Istirahat yang cukup atau usahakan tidur lebih awal dengan harapan paginya lebih segar dan dapat berkonsentrasi dengan maksimal.
    5. Do’a
  2. Hari test
    1. Usahakan makan pagi untuk cadangan energy sewaktu test.
    2. Usahakan datang 20-30 menit dari jadwal yang telah ditetapkan, karena waktu tersebut digunakan untuk mencari tempat duduk sesuai dengan no ujian, atau kelompok.
    3. Pastikan sebelum ujian, selesaikan semua ‘ keperluan’ di toilet, karena hal ini merupakan ganguan terbesar dalam  test apa saja. Karena waktu banyak terpakai (5 menit sangat berharga) dan membuyarkan konsentrasi. Dianjurkan tidak memakan makanan yang dapat membuat sakit perut baik di malam hari ataupun paginya.
    4. Persiapakan alat-alat yang dibutuhkan dan duduk dengan rileks dan santai.

T R I K

  1. Kerjakanlah soal soal yang dianggap lebih mudah karena lebih irit dalam menggunakan waktu, apalagi jika telah masuk dalam tes hitungan.
  2. Jika tida tidak tahu jawabannya atau ragu-ragu lebih baik dikosongkan saja. Jawaban yang kosong, tidak dihitung karena nilainya 0.
  3. Jika benar nilianya +4 dan jika salah -1

Selamat berlatih dan mengikuti test

Advertisements

One thought on “Tes Panduan Akademik | Pengertian dan Tips serta Trik

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s