ETIKA BERKOMENTAR – # DI JEJARING SOSIAL

Image

Kita bebas memilih dan berpendapat”. Pernyataan ini sering kita dengar dalam dunia multimedia. Tak hanya di Indonesia, pada umumnya, semua Negara-Negara didunia negara yang memberikan kebebasan untuk menyampaikan pendapat. Hal ini juga diatur dalam UUD 45 (Pasal 28 : “ Kemerdekaan berserikat dan berkumpul mengeluarkan pikiran baik lisan ataupun tulisan dan lain sebagainya ditetapkan dengan undang-undang”).

Tidak hanya itu, ada sisi lain yang mesti kita perhatikan kebebasan untuk mengeluarkan pendapat . kebebasan juga berarti menjaga tata tertib dalam berpedapat atau berkoentar meskipun tanpa adanya peraturan ketat yang mengharuskan kita untuk menggunakan bahasa apa,  bagaimana penyampaian pendapat dan lain sebagainya

Ada beberapa etika yang mesti kita perhatikan dalam mengomentari isu-isu yang kita baca dan dengar. Apalagi siu-isu tersebut mengenai hal-hal yang sangat sensitif bagi suatu komunitas baik dalam suatu negara ataupun secara internasional seperti ras, agama ataupun sebuah komunitas lokal ataupun dunia. Dalam hal ini kita persempit wacana kita tentang berkomentar pada Jejaring sosial (Internet)

Etika yang sering kita abaikan saat berkomentar akan menjadikan tema yang kita bahas akan jauh dari solusi yang kita carikan brsama dengan berbagai aspek dan pertimbangan (jika sebuah postingan yang meminta solusi atau komentar). Swlanjutnya,  adanya peluang suatu komnitas yang merasa tersakiti akibat kesalahan kita dalam memilih kata-kata atau menggunakan kalimat yang diskriminatif. Sehingga yang awalnya untuk memberikan suatu komentar yang berdasarkan kepada pertimbangan sosial, strata dan lingkungan berujung kepada saling hujat, menghujat, memaki suatu komunitas sehingga isu yang dibahas menjadi jauh dari solusi

Ada beberapa cara tips dalam memebrikan sebuah komentar :.

1. Perhatikan tema yang dibahas

2. Tidak ada ambiguitas dalam pemilihan kata-kata

3. Tidak mengunakan kata-kata yang kasar

4. Pilihlah kata kata yang singkat dan mudah dipahami

5. jika memungkinkan, buat sebuah contoh atau perandaian sehingga pembaca menjadi terbantu untuk memahami.

6. jika menyangkut masyarakat dengan multi etnis, diutamakan menggunakan pendekatan logis, yang besifat komprehensif (umum dan menyeluruh). Usahakan tidak memandang dari segi satu sisi saja, karena tidak semua reader memiliki pendapat yang sama.

Selamat berkomentar dengan baik dan beretika..:)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s