Kebebasan Dalam Berbusana

Heart Umbrella/Umbrella Hearts

Kebebasan merupakan adalah hak yang dimiliki setiap individu. Kebebasan hampir bersifat absolut termasuk diantaranya dalam hal berpakaian. Jika seorang atau sekelompok (organisasi) wanita memilih untuk tidak mengenakan busana (naked/toppless) adalah suatu bentuk kebebasan dan negara menjamin hak-hak nya tersebut, maka seorang wanita yang memakai busana yang mencerminkan seseorang atau sekumpulan yang menutup kepala dan bagian tubuh juga merupakan bentuk kebebasan memilih dan negara juga menjamin kebebasan tersebut. Jika seorang atau sekelompok wanita tanpa mengenakan busana bebas beraktifitas sehari-hari di dalam dan di luar ruangan dan tidak ada yang mempertanyakan dan mempermasalahkan hal tersebut, maka seorang wanita muslim juga memiliki kebebasan yang sama.

Tetapi di dalam islam lebih mendahulukan azas manfaat, bukan berarti dalam islam melarang adanya kesenangan dalam berpakaian seperti pemilihan warna dan model. itu sah sah saja jika keluar rumah tanpa mengenakan busana tetapi teman-teman harus paham dan sadari dalam bidang kesehatan, bahwa kulit anda akan terekspos dengan sinar UV. Setiap hari. Meskipun sudah ada beberapa produk anti UV, tetapi produk tersebut tidak akan bertahan lama dan tetap meningkatkan peluang resiko penyakit kulit. Kulit wanita lebih sensitif terhadap sinar matahari sehingga penderita penyakit kulit lebih banyak dialami oleh wanita dibanding pria.

Jika seorang atau sekelompok wanita tanpa mengenakan busana bebas beraktifitas sehari-hari di dalam dan di luar ruangan dan tidak ada yang mempertanyakan dan mempermasalahkan hal tersebut, maka seorang wanita muslim juga memiliki kebebasan yang sama

Didalam bidang sosial, teman-teman sangat rentan sebagai objek dan memicu pelanggaran dan pelecehan seksual. Menggunakan pakaian yang sedikit terbuka pun masih memiliki peluang timbulnya pelecehan seksual, apalagi tanpa mengenakan busana. Jika teman-teman masih memaksakan hal tersebut dan membekali diri dengan alat anti pelecehan seksual seperti Athena, Savelet atau Revolar, alat tersebut tidak akan menghindari teman-teman dari pelecehan seksual karena metoda atau prinsip dari alat tersebut adalah bukan metoda preventif tetapi sehingga peluang terjadinya pelanggaran tersebut masih tinggi. Alat anti pelecehan tersebut masih memilikibanyak kekurangan. Kekurangan tersebut bisa di lihat di sini.

Yang ingin saya sampaikan dalam tulisan ini adalah jika teman-teman memilih untuk tidak berbusana baik secara individu atau kelompok dalam beraktivitas sehari-hari dan menjadikan hal tersebut bagian dari gaya hidup, saya tidak mempermasalahkannya. Teman teman bebas untuk memilih. Tetapi bagi teman teman yang memilih untuk berbusana, lebih baik pilihlah pakaian yang tidak terbuka. Teman-teman tidak harus menjadi seorang Muslim untuk menutupi kepala dan bagian tubuh yang sangat berharga. Jika teman teman beragama kristen, Hindu, Budha Tutupi saja dan anda bebas dengan percaya diri tanpa mengancam Harkat, Martabat dan Diri teman teman. Be free.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s